Tutorial Konfigurasi GPS pada Raspberry Pi dengan USB-to-TTL


Pada tutorial kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara mengkonfigurasi Sensor GPS pada Raspberry Pi. Sensor GPS adalah sebuah instrumen yang umumnya digunakan untuk menentukan lokasi berdasarkan nilai garis Lintang (Latitude) dan garis Bujur (Longitude) dengan menggunakan teknologi GPS (Global Positioning System). Penjelasan lebih lanjut mengenai GPS bisa dilihat disini. Diharapkan dengan menggunakan sensor GPS pada Raspberry Pi, kita bisa mengetahui posisi dari perangkat dan menggunakannya dalam project project kedepannya.

Umumnya, sensor GPS menggunakan komunikasi serial untuk mengirim data dan menerima perintah ,baik dari mikrokontroller seperti Arduino, ATmega, dll. maupun dari mikrokomputer, seperti Raspberry Pi. Ada beberapa cara untuk memulai komunikasi serial sensor GPS dengan perangkat, salah satunya dengan menggunakan USB-to-TTL. USB-to-TTL sendiri adalah perantara bagi sensor GPS agar bisa berkomunikasi secara serial dengan Raspberry Pi. USB-to-TTL digunakan dengan cara dikoneksikan dengan port USB pada Raspberry Pi.
 Alat dan Bahan
No.
Perangkat
Keterangan
1.
Raspberry Pi Sebagai mikrokomputer untuk mengkonfigurasi sensor. Pada tutorial ini, digunakan Raspberry Pi 3 Model B
2.
Sensor GPS Sebagai sensor GPS yang akan dikonfigurasi. Pada tutorial ini, digunakan sensor GPS UBlox NEO 6M
3.
PuTTY / VNC Sebagai media untuk mengoperasikan Raspberry Pi
4.
USB-to-TTL Sebagai perantara komunikasi serial antara sensor GPS dengan Raspberry Pi
 
 Sensor GPS yang digunakan pada tutorial kali ini adalah Sensor GPS UBlox NEO 6M, dengan spesifikasi sebagai berikut :
Fisik
Ukuran:6,1 "H x 2.4" W x 1.3 "D
Berat :7,5 ons (213 g) dengan baterai terpasang
Tampilan:1.5 "W x 2.2" H, 256-warna, resolusi tinggi,
Performansi
Waktu Penerimaan Data:Sekitar. 1 detik (warm start)
Sekitar. 38 detik (cold start)
Sekitar. 45 detik (factory reset)
Update Rate:1/detik, terus menerus
Antenna :Built-in quad helix
Akurasi Kompas:± 5 derajat
Akurasi Altimeter:± 10 kaki
Akurasi
GPS:<10 meter (33 kaki) 95% tipikal
Kecepatan:0.05 meter / sec steady state

Modul Sensor GPS UBlox NEO 6M
Langkah Langkah
  • Koneksikan pin pin pada modul GPS ke USB-to-TTL. Pastikan tiap pin sesuai dengan pasangannya pada USB-to-TTL, kecuali TX dan RX. Pin RX dikoneksikan ke pin TX, begitu pula sebaliknya
  • Umumnya pada USB-to-TTL terdapat 2 keluaran daya, yaitu 3.3V dan 5V. Pastikan kabel VCC dikoneksikan dengan 3.3V, karena jika dikoneksikan dengan 5V, modul tidak akan berjalan dengan semestinya.Setelah itu, koneksikan USB-to-TTL pada port USB Raspberry.

Koneksi Modul GPS dengan USB-to-TTL

  • Nyalakan Raspberry Pi. Setelah Raspberry telah menyala, identifikasi port yang digunakan oleh GPS dengan menggunakan perintah " ls /dev/tty* ". Dengan perintah ini, kita bisa melihat port port yang digunakan pada Raspberry Pi. Jika pada list tersebut terdapat ttyUSB0 atau ttyUSB1, itu menandakan bahwa USB telah terkoneksi dengan benar dan komunikasi serial bisa segera dilakukan. Jika terdapat ttyUSB0 dan ttyUSB1, maka lakukan perintah " lsusb " pada terminal untuk menampilkan keterangan mengenai port usb yang sedang digunakan. 
  • Setelah mengetahui port yang digunakan oleh GPS, maka lakukan peintah perintah dibawah ini pada terminal :

  • Setelah semua perintah diatas dilakukan di terminal, maka langkah selanjutnya adalah untuk melihat apakah data GPS telah sukses diterima. Jalankan perintah " gpsmon " untuk melihat data GPS yang telah sukses diterima oleh Raspberry. Untuk melihat output data dengan tampilan lebih singkat, jalankan perintah " cgps -s " pada terminal. Kedua perintah ini adalah bagian dari gpsd yang telah kita install sebelumnya.
Tampilan dari perintah gpsmon
Tampilan dari perintah cgps -s
  • Jika pada perintah " cgps -s " menampilkan NO-FIX, maka mulai ulang program gpsd dengan menggunakan perintah dibawah ini 

  • Selamat ! Modul GPS UBlox NEO 6M anda telah terkonfigurasi. Selamat mengerjakan project project lainnya yang lebih menarik !
Sekian tutorial konfigurasi GPS pada Raspberry Pi dengan USB-to-TTL. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.