Tutorial Membuat Raspberry Pi 3 Menjadi Access Point


Tutorial Membuat Raspberry Pi 3 Menjadi Access Point | Pada Tutorial ini akan membahas tentang membuat access point pada Raspberry Pi 3. Modul Raspberry Pi 3 ini sudah mempunyai modul wifi pada boardnya yang dapat digunakan sebagai server ataupun client sehingga kita tidak perlua membelu USB wifi seperti pada raspberry 2 dan dibawahnya yang tidak mempunyai modul wifi.

Installasi Paket

Paket yang digunakan adalah hostapd untuk menginstallnya ketikan perintah "apt-get install hostapd". Jika tidak bisa, lakukan terlebih dahulu update raspberry dengan perintah "apt-get update".

Konfigurasi Interface

Atur IP interface wlan0 pada file interfaces dengan perintah "pico /etc/network/interfaces"





kemudian save dan restart menggunakan peintah "/etc/init.d/networking restart"



Konfigurasi Hostapd

Selanjutnya melakukan konfigurasi hostapd. Buat file konfigurasi baru dengan perintah "nano /etc/hostapd/hostapd.conf" yang berisi :



Setelah selesai, save konfigurasi. Setelah itu kita dapat mengecek apakah hostapd dapat digunakan menggunakan perintah "sudo /usr/sbin/hostapd /etc/hostapd/hostapd.conf"


Maka akan muncul nama SSID yang telah dibuat. Namun jika Raspberry direstart tidak otomatis aktif access pointnya. Untuk mengaktifkan saat start up dapat mengedit dengan perintah "pico /etc/default/hostapd". Cari baris yang berisi "#DAEMON_CONF=" dan ubah menjadi "#DAEMON_CONF="/etc/hostapd/hostapd.conf"


Untuk konfigurasi IP pada client masih bersifat manual belum menggunakan DHCP server. Untuk tutorial installasi DHCP server akan dibuat secepatnya. Terima Kasih

Untuk versi videonya bisa dilihat disini :

1 komentar:

  1. Mas kok pada saat saya lakukan pengecekan pada hostapd malah failed to set up interfaces dan failed to initialize interfaces

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.